Minggu, 17 Maret 2013

Pelukis Terhebat abad ke-20

Siapa lagi yang tidak mengenal Picasso? Dia adalah pelukis yang membuat aku sangat bangga karena dunia memliliki pelukis jenius ini, kali ini aku akan menjelaskan sedikit mengenai Riwayat Hidup Pablo Picasso.


Ia lahir di Malaga, daerah selatan Spanyol, di Tahun 1881.

Ayah Picasso adalah seorang guru seni. Ia melihat bahwa Picasso sudah memilik bakat melukis sejak kecil sehingga ia memutuskan untuk membimbing Picasso. Dan di usia yang ke-13, Picasso sudah mendapatkan studio dan semua alat lukis milik ayahnya, karena ayahnya sudah tidak mampu lagi mengalahkan Picasso. Di usia ke-14, ia masuk sekolah seni di Barcelona, dan ternyata... Picasso memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi dibanding murid-murid yang lainnya, dalam waktu yang singkat ia pun lulus dan melanjutkan sekolah di sekolah seni kerajaan di Madrid. Namun untuk yang satu ini, dia berhenti sekolah di tengah jalan, serta menjadi pelanggan tetap di suatu bar bersama seniman lainnya. Karena ia sering di bar bersama seniman lain, ia pun dapat berbicara tentang seni yang sebenarnya. Singkat cerita ia memutuskan untuk belajar sendiri di Madrid, dan tak lama setelah itu teman baiknya Picasso, Casagemas bunuh diri dikarenakan patah hati. Dan muncullah periode biru, dengan karya terkenalnya Self Potrait.
Tak berapa lama, setelah ia bertemu dengan Fernande Olivier, dan dalam waktu singkat mereka berpacaran, Muncullah periode Mawar, dengan Karya terkenalnya Boy With A Pipe.
Picasso mulai menolak tentang pemikiran bahwa lukisan sebagai gambar yang bagus dan terkesan nyata. Ia merasa bahwa ekspresi lukisan tidak hanya itu, Karena itu dia mengamati obyek yang solid dari berbagai sudut, lalu mengubahnya menjadi bentuk yang sederhana yang disusun kembali di atas media lukis dan gaya melukis ini disebut Kubisme, memang awalnya banyak orang yang mengatakan bahwa itu jelek lah, kurang bagus lah, tidak menarik lah, tapi dengan perlahan ekspresi yang revolusioner ini menarik hati orang-orang sehingga terkenal. Dan semenjak itu Picasso disebut pelukis kelas dunia.

Di tahun 1936, ketika terjadi perang saudara di Spanyol, tanah lahir Picasso, ia sedang menyiapkan lukisan dinding untuk pameran dunia di Paris tahun 1937. Dan ketika ia akan melukis, Ia diberitahu bahwa kota Guernica di Spanyol hancur oleh Tentara Jerman, Ia meluapkan perasaannya itu di lukisan yang sedang ia kerjakan dan menamainya Guernica.
 Kembali sedikit ke tahun 1918, Picasso mencoba menemukan cara melukis yang baru hingga tercipta "Neoklasik". Dengan masterpiecenya Harlequin with Folded Hands.
 Picasso wafat di usia ke-91 dan meninggalkan sekitar 60ribu hingga 80ribu karya semasa hidupnya. Dan tak ada seniman lain yang memiliki karya sebanyak itu. (Jumlah karyanya itu termasuk pahatan dan art print.)

0 komentar:

Posting Komentar